PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON-ELEKTROLIT
Main Author: | LENA, MARLINA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/17059/1/SKRIPSI%20LENA%20MARLINA%20REVISI%20SETELAH%20SIDANG%20%2830%20AGUSTUS%202020%29.pdf http://eprints.unram.ac.id/17059/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap literasi sains peserta didik kelas X pada materi pokok larutan elektrolit dan non-elektrolit dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi eksperimental) menggunakan post-test only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X MIA MAN 2 Model Mataram. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling dan terpilih dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu kelas X MIA 1 (kelas kontrol) dan kelas X MIA 4 (kelas eksperimen). Data hasil literasi sains diperoleh melalui tes akhir (posttest) yang dianalisis menggunakan uji beda (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata posttest 76,17, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata posttest 66,75. Hasil uji-t pada taraf signifikan 5% diperoleh nilai thitung (4,14) ≥ ttabel (1,671), yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBM) memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap literasi sains peserta didik kelas X pada materi pokok larutan elektrolit dan non-elektrolit dibandingkan model pembelajaran konvensional.