PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL REASONING AND PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK

Main Author: MULYA, RAHMAWATI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/17041/1/SKRIPSI%20MULYA%20RAHMAWATI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/17041/
Daftar Isi:
  • Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran modelreasoning and problem solving dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari define, design,develop, dan disseminate. Tahap penelitian dibatasi sampai dengan tahap pengembangan (develop).Produk yang dikembangkan berupasilabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), instrumen tes kemampuan pemecahan masalah.Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan alat evaluasi kemampuan pemecahan masalah.Data dianalisis dengan menentukan nilai rata-rata akhir(NA) dari validator. NA silabus sebesar 3,4 yang termasuk kategori sangat valid dan NA Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 2,8 dengan kategori valid, NA Lembar Kerja Peserta Didik 2,9 sehingga dikategori valid, dan NA tes kemampuan pemecahan masalah sebesar 2,9 sehingga termasuk dalam kategori valid.Reliabilitas silabus, RPP, LKPD dan alat evaluasi kemampuan pemecahan masalah diatas 75 % menunjukkan keseluruhan aspek yang dinilai memiliki kategori reliabel.Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dari segi isi dan konstruksi dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik.