PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK

Main Author: RANGGA, ALIF FARESTA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/16916/1/SKRIPSI-RANGGA%20ALIF%20FARESTA_E1Q016056.pdf
http://eprints.unram.ac.id/16916/
ctrlnum 16916
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/16916/</relation><title>PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA &#xD; BERBASIS PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF UNTUK &#xD; MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN &#xD; MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK</title><creator>RANGGA, ALIF FARESTA</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul fisika berbasis pendekatan &#xD; konflik kognitif yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan &#xD; motivasi berprestasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research &#xD; and Development (R&amp;D) dengan model 4D atau Define, Design, Develop dan &#xD; Disseminate. Tahap penelitian dilakukakan sampai pada uji coba secara terbatas. &#xD; Produk hasil penelitian pengembangan berupa modul pembelajaran fisika berbasis &#xD; pendekatan konflik kognitif yang telah dinilai dan divalidasi oleh validator ahli dan &#xD; validator praktisi. Kelayakan modul fisika dilihat dari rata-rata skor penilaian &#xD; validator menggunakan SBi (Standar Baku Ideal) dan validitas isi menggunakan &#xD; statistik Aiken&#x2019;s V. Selanjutnya dilakukan uji coba terbatas pada mahasiswa S1 &#xD; Pendidikan Fisika Universitas Mataram. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu &#xD; RPP, modul fisika , angket motivasi berprestasi dan soal kemampuan berpikir &#xD; kreatif. Hasil penelitian berdasarkan penilaian validator menunjukkan modul fisika &#xD; berbasis pendekatan konflik kognitif yang dihasilkan memiliki nilai kelayakan &#xD; keseluruhan aspek rata-rata sebesar 3,20 dan 3,43 dengan kategori sangat baik dan &#xD; penilaian berdasarkan uji coba terbatas mendapatkan nilai rata-rata seluruh aspek &#xD; sebesar 3,32 dengan kategori sangat baik . Sehingga dapat disimpulkan modul fisika &#xD; berbasis pendekatan konflik kognitif layak dilanjutkan ke tahap uji coba &#xD; operasional dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif &#xD; dan motivasi berprestasi peserta didik</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/16916/1/SKRIPSI-RANGGA%20ALIF%20FARESTA_E1Q016056.pdf</identifier><identifier> RANGGA, ALIF FARESTA (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>16916</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author RANGGA, ALIF FARESTA
title PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK
publishDate 2020
topic L Education (General)
url http://eprints.unram.ac.id/16916/1/SKRIPSI-RANGGA%20ALIF%20FARESTA_E1Q016056.pdf
http://eprints.unram.ac.id/16916/
contents Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul fisika berbasis pendekatan konflik kognitif yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan motivasi berprestasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model 4D atau Define, Design, Develop dan Disseminate. Tahap penelitian dilakukakan sampai pada uji coba secara terbatas. Produk hasil penelitian pengembangan berupa modul pembelajaran fisika berbasis pendekatan konflik kognitif yang telah dinilai dan divalidasi oleh validator ahli dan validator praktisi. Kelayakan modul fisika dilihat dari rata-rata skor penilaian validator menggunakan SBi (Standar Baku Ideal) dan validitas isi menggunakan statistik Aiken’s V. Selanjutnya dilakukan uji coba terbatas pada mahasiswa S1 Pendidikan Fisika Universitas Mataram. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu RPP, modul fisika , angket motivasi berprestasi dan soal kemampuan berpikir kreatif. Hasil penelitian berdasarkan penilaian validator menunjukkan modul fisika berbasis pendekatan konflik kognitif yang dihasilkan memiliki nilai kelayakan keseluruhan aspek rata-rata sebesar 3,20 dan 3,43 dengan kategori sangat baik dan penilaian berdasarkan uji coba terbatas mendapatkan nilai rata-rata seluruh aspek sebesar 3,32 dengan kategori sangat baik . Sehingga dapat disimpulkan modul fisika berbasis pendekatan konflik kognitif layak dilanjutkan ke tahap uji coba operasional dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan motivasi berprestasi peserta didik
id IOS5428.16916
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2020-09-26T02:49:48Z
last_indexed 2020-09-26T02:49:48Z
recordtype dc
_version_ 1686351280809705472
score 17.538404