PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK
Main Author: | RANGGA, ALIF FARESTA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/16916/1/SKRIPSI-RANGGA%20ALIF%20FARESTA_E1Q016056.pdf http://eprints.unram.ac.id/16916/ |
ctrlnum |
16916 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/16916/</relation><title>PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA 
BERBASIS PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF UNTUK 
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN 
MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK</title><creator>RANGGA, ALIF FARESTA</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul fisika berbasis pendekatan 
konflik kognitif yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan 
motivasi berprestasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research 
and Development (R&D) dengan model 4D atau Define, Design, Develop dan 
Disseminate. Tahap penelitian dilakukakan sampai pada uji coba secara terbatas. 
Produk hasil penelitian pengembangan berupa modul pembelajaran fisika berbasis 
pendekatan konflik kognitif yang telah dinilai dan divalidasi oleh validator ahli dan 
validator praktisi. Kelayakan modul fisika dilihat dari rata-rata skor penilaian 
validator menggunakan SBi (Standar Baku Ideal) dan validitas isi menggunakan 
statistik Aiken’s V. Selanjutnya dilakukan uji coba terbatas pada mahasiswa S1 
Pendidikan Fisika Universitas Mataram. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu 
RPP, modul fisika , angket motivasi berprestasi dan soal kemampuan berpikir 
kreatif. Hasil penelitian berdasarkan penilaian validator menunjukkan modul fisika 
berbasis pendekatan konflik kognitif yang dihasilkan memiliki nilai kelayakan 
keseluruhan aspek rata-rata sebesar 3,20 dan 3,43 dengan kategori sangat baik dan 
penilaian berdasarkan uji coba terbatas mendapatkan nilai rata-rata seluruh aspek 
sebesar 3,32 dengan kategori sangat baik . Sehingga dapat disimpulkan modul fisika 
berbasis pendekatan konflik kognitif layak dilanjutkan ke tahap uji coba 
operasional dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif 
dan motivasi berprestasi peserta didik</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/16916/1/SKRIPSI-RANGGA%20ALIF%20FARESTA_E1Q016056.pdf</identifier><identifier> RANGGA, ALIF FARESTA (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>16916</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
RANGGA, ALIF FARESTA |
title |
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA
BERBASIS PENDEKATAN KONFLIK KOGNITIF UNTUK
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN
MOTIVASI BERPRESTASI PESERTA DIDIK |
publishDate |
2020 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.unram.ac.id/16916/1/SKRIPSI-RANGGA%20ALIF%20FARESTA_E1Q016056.pdf http://eprints.unram.ac.id/16916/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan menghasilkan modul fisika berbasis pendekatan
konflik kognitif yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan
motivasi berprestasi peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research
and Development (R&D) dengan model 4D atau Define, Design, Develop dan
Disseminate. Tahap penelitian dilakukakan sampai pada uji coba secara terbatas.
Produk hasil penelitian pengembangan berupa modul pembelajaran fisika berbasis
pendekatan konflik kognitif yang telah dinilai dan divalidasi oleh validator ahli dan
validator praktisi. Kelayakan modul fisika dilihat dari rata-rata skor penilaian
validator menggunakan SBi (Standar Baku Ideal) dan validitas isi menggunakan
statistik Aiken’s V. Selanjutnya dilakukan uji coba terbatas pada mahasiswa S1
Pendidikan Fisika Universitas Mataram. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu
RPP, modul fisika , angket motivasi berprestasi dan soal kemampuan berpikir
kreatif. Hasil penelitian berdasarkan penilaian validator menunjukkan modul fisika
berbasis pendekatan konflik kognitif yang dihasilkan memiliki nilai kelayakan
keseluruhan aspek rata-rata sebesar 3,20 dan 3,43 dengan kategori sangat baik dan
penilaian berdasarkan uji coba terbatas mendapatkan nilai rata-rata seluruh aspek
sebesar 3,32 dengan kategori sangat baik . Sehingga dapat disimpulkan modul fisika
berbasis pendekatan konflik kognitif layak dilanjutkan ke tahap uji coba
operasional dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif
dan motivasi berprestasi peserta didik |
id |
IOS5428.16916 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2020-09-26T02:49:48Z |
last_indexed |
2020-09-26T02:49:48Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351280809705472 |
score |
17.538404 |