PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VII SMPN 3 MATARAM YANG BELAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN(POE) DAN STUDET TEAM ACHICVMENT DIVISION(STAD)

Main Author: M. JANUARDI, RAHMATULLAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/16860/1/SKRIPSI%20.pdf
http://eprints.unram.ac.id/16860/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA antara peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Predict Observe Explain(POE) dan Student Team Achievement Division(STAD). Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (Quasi Experiment). Desain penelitian yang digunakan yaitu Pre-test Post-test Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VII SMPN 3 Mataram tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 7 kelasdengan jumlah peserta didik secara keseluruhan yaitu 235. Sampel ditentukan dengan teknik purposive samplingsehingga terpilih kelas VII 4 sebagai kelas eksperimen I dan VII 5 sebagai kelas eksperimen II. Instrumen yang digunakan yaitu tes pilihan ganda untuk mengukur hasil belajar peserta didik dan tes isian untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis. Data dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil uji t pada kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai t hitung< t tabelyaitu 0,396 < 1,998, dan pada uji t pada hasil belajar diperoleh nilai t hitung< t tabelyaitu 1,587 < 1,998. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA antara peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Predict Observe Explain(POE) dan Student Team Achievement Division(STAD).