PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN BANTUAN BERTAHAP (SCAFFOLDING) PADA MATERI PROGRAM LINIER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XII IPA1 SMAN 1 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Main Author: LALU, ABDUL KADIR JAELANI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/16738/1/SKRIPSI%20LALU%20ABDUL%20KADIR%20JAELANI%20%28E1R012024%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/16738/
Daftar Isi:
  • Aktivitas dan prestasi belajar siswa di kelas XII IPA1 SMAN 1 Labuapi tahun pelajaran 2016/2017 masih rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa yaitu Model Pembelajaran Kooperatif dengan Bantuan Bertahap (scaffolding). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XII IPA1 SMAN 1 Labuapi tahun pelajaran 2016/2017 pada pembelajaran Program Linier melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Bantuan Bertahap (Scaffolding). Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya meliputi tahap Struktur, kolaborasi, intensionalitas, kesesuaian, internalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 yaitu 13 dan pertemuan 2 yaitu 15 berturut-turut berkategori cukup aktif dan aktif. Skor aktivitas siswa pada siklus II pertemuan 1 adalah 15 dan pertemuan 2 adalah 19 dengan kategori berturut-turut aktif dan sangat aktif. Nilai rata-rata siswa yang merupakan prestasi belajar pada penelitian ini, hasilnya pada siklus I dan siklus II berturut-turut adalah 63,75 dan 90,33 dengan urutan ketuntasan klasikal 30% dan 85%. Melihat keseluruhan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Bantuan Bertahap (scaffolding) dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas XII IPA1 SMAN 1 Labuapi tahun pelajaran 2016/2017 pada pembelajaran Program Linier.