PERBEDAAN KECERDASAN INTRAPERSONAL ANAK DITINJAU DARI KELAHIRAN PADA KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA SELONG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Main Author: | BAIQ, RIZKI AZIMATUL WAHDAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/16729/1/SKRIPSI.pdf http://eprints.unram.ac.id/16729/ |
Daftar Isi:
- Perkembangan kecerdasan intrapersonal yang beragam pada kelompok B di TK Negeri Pembina Selong disebabkan oleh perlakuan yang tidak sama oleh setiap orangtua maupun guru kepada masing-masing anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kecerdasan intrapersinal anak ditinjau dari urutan kelahiran pada kelompok B di TK Negeri Pembina Tahun Pelajaran 2018/2019. Adapun jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif ex post facto atau secara harfiah berarti sesudah kejadian dengan teknik analisis data deskriptif. Untuk memperoleh hasil yang optimal, peneliti mengumpulkan data dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi dan instrumen kecerdasan intrapersonal anak kelompok B. Sampel yang diambil sebanyak 4 kelas dengan 15 anak sulung dan 15 anak bungsu. Hasil penelitian ini diperoleh presentase anak sulung berjumlah 79.43 % dan anak bungsu berjumlah 85.61 % dengan kalkulasi perbedaan sejumlah 6.18 %. Presentase total anak bungsu lebih tinggi dibandingkan anak sulung dikarenakan adanya sosok kakak sebagai contoh. Selain itu, tingginya presentase setiap sampel juga didukung oleh peran orangtua ataupun guru yang tidak sama dalam memberikan stimulasi perkembangan. Sehingga kecerdasan intrapersonal anak yang ditinjau berdasarkan urutan kelahiran pada kelompok B di TK Negeri Pembin Selong Tahun Pelajaran 2018/2019 memiliki perbedaan.