PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBASIS ALAT PERAGA PADA MATERI POLA BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 10 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020
Main Author: | WIDAD, FARHIYATI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/16696/1/SKRIPSI.pdf http://eprints.unram.ac.id/16696/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbasis alat peraga pada materi pola bilangan terhadap hasil belajar matematika pada peserta didik kelas VIII SMPN 10 Mataram tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian Non Equivalent Control Group atau disebut juga untreated control group design with pretest and posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 10 Mataram sebanyak 10 kelas. Sampel diambil menggunakan teknik sampel acak diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar (Posttest) berupa soal uraian pada materi pola bilangan, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Hasil dari posttest menunjukkan menunjukkan bahwa rata-rata nilai kelas eksperimen sebesar 34,00 sedangkan kelas kontrol sebesar 22,97 dengan hasil uji hipotesis didapatkan thitung = 2,655 > ttabel = 2,002 dengan taraf signifikan 5%. Dari perbedaan nilai rata-rata yang signifikan tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbasis alat peraga pada materi pola bilangan terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMPN 10 Mataram tahun ajaran 2019/2020.