PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI REAKSI REDUKSI DAN OKSIDASI SISWA KELAS X MIPA SMAN 1 KOPANG
Main Author: | ASRORI AHYAN, MOH. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/16669/1/Skripsi%20Moh.%20Asrori%20Ahyan.pdf http://eprints.unram.ac.id/16669/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Probing Prompting berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) terhadap hasil belajar kimia pada materi reaksi reduksi dan oksidasi kelas X MIPA SMAN 1 Kopang”. Jenis penelitian ini merupakan quasy eksperimen dalam bentuk rancangan post-test only control grup design. Populasi dalam penelitian ini meliputi seluruh siswakelas X MIPA SMAN 1 Kopang yang terbagi menjadi 3 kelas yaitu kelas X MIPA 1, X MIPA 2, dan X MIPA 3. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu dengan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan dengan penerapan model pembelajaran Probing Prompting berbantuan LKS sedangkan pada kelas kontrol diberi perlakuan dengan penerapan model pembelajaran konvensional. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t. Hasil uji statistic uji-t thitung pada taraf signifikan 5% menunjukkan thitung (2,79) > ttabel (1,68) yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang lebih baik pada model pembelajaran Probing Prompting terhadap hasil belajar kimia pada materi reaksi reduksi dan oksidasi siswa kelas X MIPA SMAN 1 Kopang.