PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING SISWA KELAS III SDN 32 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Main Author: | WINARSIH, WINARSIH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/16651/1/SKRIPSI.pdf http://eprints.unram.ac.id/16651/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas III SDN 32 Cakranegara tahun pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata aktivitas siswa menulis karangan narasi pada siklus I 60 keriteria cukup aktif namun terjadi peningkatan pada siklus II 70 dengan keriteria aktif. Hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 57,1 dan siklus II adalah 85. Terjadinya peningkatan nilai rata-rata yang signifikan dari siklus I ke siklus II sebesar 27,9. Sedangkan skor ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I adalah 60%, dan siklus II adalah 85,7%. Ketuntasan belajar secara klasikal mengalami peningkatan sebesar 45,7%. Penelitian tindakan kelas ini dinyatakan tuntas karena telah tercapainya seluruh indikator pembelajaran melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan menerapkan pembelajaran quantum learning siswa kelas III SDN 32 Cakranegara meningkat.