HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V SDN SE-GUGUS II CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2019/2020

Main Author: RISQY, AMALIAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/16373/1/SKRIPSI%20RISQY%20AMALIAH.pdf
http://eprints.unram.ac.id/16373/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas V di SDN Se-Gugus II Cakranegara tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN Se-Gugus II Cakranegara yang berjumlah 163 peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 115 peserta didik. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner dan dokumentasi. Sebelum melakukan uji hipotesis terlebih dahulu melakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas data dan uji linearitas data. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis meliputi uji korelasi Product Moment dan koefisien determinasi. Berdasarkan perhitungan pengujian hipotesis, diperoleh rhitung sebesar 0,348 sedangkan rtabel sebesar 0,1832 pada taraf signifikansi 5% (0,348 > 0,183). Karena rhitung > rtabel dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas V SDN se-gugus II Cakranegara tahun ajaran 2019/2020 dengan kategori rendah. Besarnya kontribusi kebiasaan belajar tehadap hasil belajar matematika peserta didik sejumlah 12,11% dan 87.89% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian. Selanjutnya hasil analisis regresi linear menunjukkan bahwa model persamaanya adalah Y = 51,176 + 0,331 X. Dimana X adalah kebiasaan belajar dan Y adalah hasil belajar matematika.