EFEKTIVITAS PEMBINAAN KEMANDIRIAN ANAK DIDIK PEMASYARAKATAN DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK KLAS II MATARAM
Main Author: | EDY, FATMAYADI ATMAJA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/16306/1/SKRIPSI%20EDY%20FATMAYADI%20ATMAJA%20%20%28D1A116067%29%20.pdf http://eprints.unram.ac.id/16306/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas pelaksanaan pembinaan kemandirian dan faktor penghambat serta upaya mengatasi hambatan pelaksanaan pembinaan kemandirian anak didik pemasyarakatan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak kelas II Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum empiris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas pembinaan kemandirian Anak Didik Pemasyarakatan di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Mataram dari 5 jenis pembinaan kemandirian yang dilaksanakan hanya ada 3 jenis pembinaan kemandirian yang dapat dikatakan efektif diantaranya Kerajinan Tangan, Bercocok Tanam/Berkebun dan Babershop. Dapat di presentasikan efektivitas pelaksanaan pembinaan kemandirian sebesar 60%. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembinaan kemandirian anak didik pemasyarakatan dapat dikatakan efektif. Hambatan pembinaan kemandirian adalah Faktor SDM, Kurangnya sarana dan prasarana, Minimnya anggaran. Serta upaya mengatasi hambatan diantaranya Memberikan pelatihan kepadapetugas pembinaan, memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada, memaksimalkan anggaran yang ada.