PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TRADING PLACE TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS 2 SANDUBAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Main Author: | Fajriani, Destalia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/16244/1/SKRIPSI.pdf http://eprints.unram.ac.id/16244/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe trading place terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Gugus 2 Sandubaya tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian quasi eksperiment dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN Gugus 2 Sandubaya. Sampel yang digunakan sebanyak 59 siswa dengan teknik sampling purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keterlaksanaan strategi pembelajaran aktif tipe trading place diperoleh persentase 89,28 % dengan kategori sangat baik, tes soal pilihan ganda dan dokumentasi. Data yang diperoleh berjenis data kuantitatif. Tehnik analisis dalam penelitian ini menggunakan Uji-t dan effect size, hasil uji t diperoleh nilai α sebesar 0,014 < 0,05 dan nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 2,546 > 1,672. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dari perhitungan effect size diperoleh nilai sebesar 0,62. Hal ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran aktif tipe trading place berpengaruh besar terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SDN Gugus 2 Sandubaya tahun pelajaran 2019/2020.