EFEKTIVITAS METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV GUGUS 06 SDN CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Main Author: | IDA, BAGUS PUTRA SEMADI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/16238/1/skripsi%20Ida%20Bagus%20Bayu%20PS%20fix.pdf http://eprints.unram.ac.id/16238/ |
Daftar Isi:
- Penelitianinibertujuanuntukmengetahui efektifitas dari Metode Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV Gugus 06 Cakranegara Tahun Pelajara 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan, ialah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen dengan pola “Randomized Pre-test-Post-test Comparison Group Design”.Populsi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV Gugus 06 SDN Cakranegara Tahun 2019/2020 yang berjumlah 113 peserta didik. Pada penleitian ini sampel yang digunakan sebanyak 77 peserta didik, yaitu kelas IV di SDN 14 Cakranegara sebanyak 40 peserta didik dan SDN 22 Cakranegara sebanyak 37 peserta didik. Teknik pengumpulan data mengunakan tes hasil belajar IPA (Pre-test dan Post-test). Data hasil belajar peserta didik menunjukan peningkatan setelah diberikan perlakuan. Kelas eksperimen sebanyak 24% dari hasil pre-test. Sedangkan pada kelas bebas meningkat 16% dari hasil pre-test. Data hasil belajar IPA peserta didik diuji menggunakan Paired Samples Test dengan taraf signifikansi 0,00 yang berarti, bahwa 0,00 ˂ 0,05, sehingga (Ha) diterima sedangkan (Ho) ditolak. Hal ini menunjukan bahwa Metode pembelajaran Discovery Learning efektif Terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV Gugus 06 Cakranegara Tahun Pelajaran 2019/2020.