PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY BERBANTUAN PhET SIMULATIONS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK
Main Author: | RIZKA, SOFIYA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/16203/1/SKRIPSI%20RIZKA%20SOFIYA.pdf http://eprints.unram.ac.id/16203/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran guided discovery berbantuan PhET simulations terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik SMA kelas X. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent multiple group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMAN 2 Narmada tahun ajaran 2019/2020 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Terdapat dua sampel yang diambil yaitu sampel sebagai kelas yang diberikan perlakuan berupa model pembelajaran guided discovery berbantuan media PhET simulation pada kelas X MIA 1 dan sampel sebagai kelas yang diberikan perlakuan berupa model pembelajaran guided discovery tanpa berbantuan media PhET simulation pada kelas X MIA 2. Data penguasaan konsep diperoleh dengan menggunakan tes pilihan ganda menghasilkan nilai rata-rata post-test pada kelas X MIA 1 sebesar 71,40 dan X MIA 2 sebesar 63,33, sedangkan data kemampuan pemecahan masalah diperoleh dengan menggunakan tes uraian menghasilkan nilai rata-rata post-test pada kelas X MIA 1 sebesar 63,30 dan X MIA 2 sebesar 52,40. Hipotesis penelitian diuji menggunakan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 5% berbantuan IBM SPSS 23. Uji hipotesis MANOVA menghasilkan taraf signifikan sebesar 0,00 lebih kecil dibanding 0,05. Berdasarkan ketetapan maka Ho ditolak dan dapat disimpulkan terdapat pengaruh model pembelajaran guided discovery berbantuan PhET simulations terhadap penguasaan konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik.