PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA PESERTA DIDIK SMAN 1 LEMBAR

Main Author: SUMARNI, SUMARNI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/16200/1/SKRIPSI%20SUMARNI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/16200/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan simulasi virtual terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control grup design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMAN 1 Lembar yang berjumlah 53 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA-2 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 peserta didik dan kelas XI MIA-3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 27 peserta didik. Sebelum diberi perlakuan kedua sampel diberi tes awal untuk mengetahui kemampuan awalnya. Berdasarkan hasil uji homogenitas dan uji normalitas tes awal kedua sampel memiliki kemampuan awal yang sama dan terdistribusi normal. Hasil tes akhir penguasaan konsep diperoleh nilai rata- rata kelas eksperimen 68,69 dengan nilai tertinggi 95 dan nilai rata-rata kelas kontrol 59,67 dengan nilai tertinggi 85. Hipotesis penelitian diuji dengan Uji-t polled varians dengan taraf signifikansi 5%, dan diperoleh hasil thi tung = 2,25, sedangkan ttabel = 2,00. Berdasarkan hasil tersebut, thi tung berarti lebih besar daripada ttabel, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan simulasi virtual berpengaruh terhadap penguasaan konsep fisika peserta didik SMA.