PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA MATERI KESETIMBANGAN KELARUTAN PADA SISWA KELAS XI IIS SMAN 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Main Author: | IFTAHURAHMAN, IFTAHURAHMAN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/16153/1/SKRIPSI%20IFTAHURAHMAN.docx http://eprints.unram.ac.id/16153/ |
Daftar Isi:
- model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar kimia materi kesetimbangan kelarutan pada siswa kelas XI IIS SMAN 2 Labuapi. Jenis penelitian yang digunakan berupa penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design (pre-test post-test). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS SMAN 2 Labuapi. Kelas XI IIS 2 dipilih sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IIS 1 sebagai kelas kontrol dengan tehnik sampling jenuh. .kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match sedangkan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pengetahuan kognitif tipe pilihan ganda dengan lima pilihan. Nilai rata-rata tes awal dan tes akhir kelas eksperimen berturut-turut sebesar 21,30 dan 49,43, kemudian untuk kelas kontrol sebesar 22,2 dan 48,8. Hasil uji hipotesis menggunakan Gain t-test menunjukkan thitung (0,36) < ttabel (1,68) pada taraf signifikan 5% yang berarti H0 diterima dan Ha ditolak. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match tidak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kimia materi kesetimbangan kelarutan pada siswa kelas XI IIS SMAN 2 Labuapi tahun pelajaran 2017/2018.