PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASIBELAJAR MATEMATIKA SISWA SMPN KOTA MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020
Main Author: | NURHAFIZAH, NURHAFIZAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/16139/1/SKRIPSI%20NURHAFIZAH.pdf http://eprints.unram.ac.id/16139/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) ada tidaknya pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar matematika siswa SMPN kota Mataram, 2) ada tidaknya pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar matematika siswa SMPN kota Mataram, dan 3) ada tidaknya hubungan antara motivasi dan prestasi belajar matematika siswa SMPN kota Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru mata pelajaran matematika dan siswa SMPN kota Mataram dan sampel yang terpilih sebanyak 6 guru dan 164 siswa dengan teknik pengambilan sampel secara bertingkat yaitu cluster sampling dan random claster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen, angket dan tes. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian adalah ada pengaruh signifikan kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar matematika siswa SMP Negeri. Kemudian tidak ada pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar matematika SMP Negeri di kota Mataram. Selanjunya, tidak ada hubungan antara motivasi dan prestasi belajar matematika siswa SMPN kota Mataram.