PENGARUH KEMAMPUAN AWAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPNEGERI 13MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Main Author: AMALIA NOVI, ASTUTI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/16104/1/SKRIPSI%20AMALIA%20NOVI%20ASTUTI%20%28E1R015003%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/16104/
Daftar Isi:
  • enelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan awal, motivasi belajar, dan prestasi belajar matematika siswa, untuk mengetahui pengaruh kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematika, untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika, serta untuk mengetahui pengaruh kemampuan awal dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Mataram tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 13 Mataram dengan jumlah sampel penelitian 74 siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes kemampuan awal dan tes prestasi belajar matematika serta kuesioner motivasi belajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan awal berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 13 mataram dilihat pada koefisien determinasi sebesar 61,2%. Begitupula terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Mataram tahun ajaran 2019/2020 dilihat pada koefisien determinasi sebesar 11,8%. Hasil analisis data juga menunjukkan bahwa kemampuan awal dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Mataram dilihat pada koefisien deteminasi sebesar 62%.