PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK MATEMATIKADENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKAPADA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BENTUK PECAHAN KELAS VII DI SMPN 4 PRAYA BARAT DAYA TAHUN AJARAN2019/2020

Main Author: Widia Puji, Hastuti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/16091/1/SKRIPSI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/16091/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkanproses pengembangan media pembelajaran berbasis komik matematika dengan pendekatan etnomatematika, memaparkantingkat kelayakan dan keefektifan media, danmemaparkanrespon peserta didik setelah pembelajaran menggunakan media. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development(R&D) dalam tujuh tahap, yaitu tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi desain, validasi produk, dan uji keefektifan produk sertauji respon peserta didik terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil validasimedia oleh dosen ahli dan validasi pendidik menunjukkan bahwa aspek materi,aspek bahasa, danaspek media pada media pembelajaran berada pada kategori sangat layak. Persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik adalah84% dengan persentase respon peserta didik setelah pembelajaran menggunakan media adalah 95,30% dengan kategori sangatbaik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis komik matematika dengan pendekatan etnomatematika layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran matematika.