PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN(POE) BERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL TERHADAPPENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA SMA

Main Author: NURBAITI, -
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/16064/1/Skripsi%20NURBAITI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/16064/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Predict-Observe-Explain(POE) berbantuan simulasi virtual terhadap penguasaan konsep fisika siswa SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan non-equivalent control grup design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIA MAN 2 Lombok Tengah yang berjumlah 47 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh, sehinggan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X MIA-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 24 siswa dan kelas X MIA-2 sebagai kelaskontrol yang berjumlah 23 siswa. Sebelum diberi perlakuan kedua sampel diberi tes awal untuk mengetahui kemampuan awalnya. Berdasarkan hasil uji homogenitas tes awal kedua sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Hasil tes akhir penguasaan konsep diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 66 dengan nilai tertinggi 85 dan nilai rata-rata kelas kontrol 55 dengan nilai tertinggi 75. Hipotesis penelitian diuji dengan Uji-t polled variansdengan taraf signifikansi 5%, dan diperoleh hasil , sedangkan . Berdasarkan hasil tersebut, berarti lebih besar daripada , sehinggan ditolak.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Predict-Observe-Explain(POE) berbantuan simulasi virtual berpengaruh terhadap penguasaan konsep fisika siswa SMA.