PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI SMAN 8 MATARAM
Main Author: | SULASTRI, ETI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/1601/1/SKRIPSI.pdf http://eprints.unram.ac.id/1601/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model learning cycle 7E terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMAN 8 Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 8 Mataram tahun ajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dengan siswa kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata untuk pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 26,783 dan 28,333 sedangkan untuk nilai rata-rata post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 60,696 dan 52,667. Hipotesis penelitian diuji dengan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji-t dua pihak diperoleh thitung sebesar 2,071 dan ttabel sebesar1,679 pada db=45. Sesuai kriteria uji hipotesis, jika thitung>ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Learning Cycle 7E terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMAN 8 Mataram.