HUBUNGAN VARIASI GAYA MENGAJAR GURU DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS 06 KECAMATAN PRINGGARATA TAHUN AJARAN 2019/2020
Main Author: | Yuni, Setiawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/15981/1/SKRIPSI.pdf http://eprints.unram.ac.id/15981/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini berujuan untuk mengetahui hubungan antara variasi gaya mengajar guru dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Gugus 06 Kecamatan Pringgarata. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan studi korelasional. Adapun tehnik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh, diolah dengan tehnik analisis korelasi Product Moment berbantuan program SPSS version 16.0 for windows. Tehnik pengambilan sampel menggunakan Nonprobability Sampling tipe sampel jenuh yang artinya seluruh populasi dijadikan sampel yang berjumlah 65 siswa kelas V SDN Gugus 06 Kecamatan Pringgarata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor variasi gaya mengajar guru adalah 18,43 (baik). Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar IPA siswa adalah 82 (baik). Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara variasi gaya mengajar guru dengan hasil belajar IPA siswa yang ditunjukkan dengan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% dengan nilai pearson correlation sebesar 0,685 (rhitung) > 0,2441 (rtabel). Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, yang berarti bahwa ada hubungan yang signifikan antara variasi gaya mengajar guru dengan hasil belajar IPA siswa SDN Gugus 06 Kecamatan Pringgarata Tahun Ajaran 2019/2020. Hal ini berarti semakin baik variasi mengajar yang dilakukan guru, maka hasil belajar yang diperoleh siswa semakin baik.