Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas II SDN 2 Dasan Geria Tahun Pelajaran 2019/2020

Main Author: IRA, INDRIANINGSIH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/15960/1/SKRIPSI%20IRA%20INDRIANINGSIH%20E1E016056.pdf
http://eprints.unram.ac.id/15960/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas II SDN 2 Dasan Geria tahun pelajaran 2019/2020. Desain penelitian ini menggunakan Quasi Experimental Design tipe Nonequivalen Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Nilai rata-rata postest siswa kelas eksperimen sebesar 76,76 sedangkan kelas kontrol 70,38. Selanjutnya data hasil belajar dianalisis menggunakan uji nonparametrik, diperoleh hasil nilai Sig.2-tailed < 0,05 (0,003 < 0,05) pada taraf kepercayaan 95%. Hal tersebut menunjukkan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, yang dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas II SDN 2 Dasan Geria tahun pelajaran 2019/2020. Peneliti menyarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match sebagai salah satu alternatif dalam penyelesaian masalah hasil belajar.