PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 37 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2019/2020

Main Author: DESI, NOVITA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/15952/1/SKRIPSI%20JADI%20BARU%20DESI%20NOVITA%20ibu.pdf
http://eprints.unram.ac.id/15952/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDpada pelajaran IPA. Kemampuan berpikir kritis yang diukur mencakup lima aspek yaitu memberikan penjelasan sederhana, membangun keterampilan dasar, kesimpulan, membuat penjelasan lanjut, serta strategi dan taktik. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 37Cakranegara, dan untuk menentukan sampel digunakan teknik sampel jenuh. Jenis penelitian ini quasi eksperiment dengan desainNonequivalent control group. Metode pengambilan data menggunakan tes dan observasi. Uji hipotesismenggunakan uji t dua pihak dengan tingkat signifikansi α=5%. Berdasarkan hasil uji n-gainpada kelas eksperimen diperoleh n-gain sebesar 0,562dengan kategori sedang, dan pada kelas kontrol di peroleh n-gainsebesar0,226 dengan kategori rendah, artinya ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis pada pelajaran IPA siswa kelas V SDN 37 Cakranegara. Kemampuan berpikir kritis siswa sebelum diterapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing tergolong rendah dengan rata-rata nilai pre-test 48,67, sedangkan nilai rata-rata posttest sebesar 77,52 tergolong sedang. Berdasarkan hal tersebut, model pembelajaran inkuiri terbimbingmemberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa