PERENCANAAN STRATEGI PENGEMBANGAN AGROINDUSTRI RENGGINANG KETAN DI DESA DASAN LEKONG KECAMATAN SUKAMULIA KABUPATEN LOMBOK TIMUR
Main Author: | Efendi, Pradana Wahid |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/15928/1/PERENCANAAN%20STRATEGI%20DALAM%20UPAYA%20PENGEBANGAN%20USAHA%20AGROINDUSTRI%20RENGGINANG%20KETAN%20DI%20DESA%20DASAN%20LEKONG%20KECAMATAN%20SUKAMULIA%20%20LOMBOK%20TIMUR.pdf http://eprints.unram.ac.id/15928/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya biaya, penerimaan dan keuntungan rengginang ketan, merumuskan strategi pengembangan agroindustri rengginang ketan, menganalisis prospek pengembangan usaha Agroindustri rengginang ketan di desa Dasan Lekong Kecamatan Sukamulia Kabupaten Lombok Timur.Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskrptif dan dilakukan dengan teknik survey. Metode penentuan lokasi penelitian dilakukan secara porposive (sengaja), yaitu desa Dasan Lekong Kecamatan Sukamulia Kabupaten Lombok Timur karena di desa tersebut memililki jumlah agroindustri rengginang paling banyak. Data yang dikumpulan adalah data primer melalui kuisioner dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari BPS serta karya tulis ilmiah yang berkaitan dengan penelitian ini. Metode analisis data yang digunakan adalah (1) analisis usaha untuk mengetahui besarnya biaya, penerimaan dan keuntungan usaha. (2) analisis SWOT untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam pengembangan usaha. (3) matriks SWOT untuk merumuskan alternatif strategi pengembangan usaha. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: kekuatan utama dalam pengembangan agroindustri rengginang yaitu kemudahan dalam memperoleh bahan baku, pengalaman usaha antara 5 – 10 tahun. Sedangkan kelemahan utamanya adalah belum adanya standarisasi produk rengginang dan kurangnya modal. Peluang yang dimiliki yaitu merupakan daerah sentra produksi dan saluran pemasran yang pendek sedangkan untuk ancamannya yaitu kenaikan harga input produksi dan perubahan cuaca/iklim.