PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 13 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020

Main Author: MUHAMMAD, ARIFUDDIN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/15817/1/SKRIPSI%20-%20MUHAMMAD%20ARIFUDDIN.pdf
http://eprints.unram.ac.id/15817/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 13 Mataram tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain post-test only non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 13 Mataram tahun pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel digunakan teknik probability sampling jenis cluster random sampling, diperoleh siswa kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa (post-test) pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan siswa yang belajar dengan model pembelajaran langsung. Besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 13 Mataram diukur menggunakan Effect Size yaitu 1,8 (kategori tinggi). Hal ini berarti model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) memberikan pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 13 Mataram pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Bagi guru, khususnya di SMP Negeri 13 Mataram hendaknya menjadi salah satu alternatif pembelajaran model kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika selanjutnya.