EVALUASI KINERJA RUAS JALAN DAN SIMPANG TAK BERSINYAL DENGAN FASILITAS PUTARAN BALIK (U-TURN) PADA JALAN SRIWIJAYA DI KOTA MATARAM

Main Author: Muhamad, Dilan Hidayatullah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/15740/1/SKRIPSI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/15740/
ctrlnum 15740
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/15740/</relation><title>EVALUASI KINERJA RUAS JALAN DAN SIMPANG TAK BERSINYAL&#xD; DENGAN FASILITAS PUTARAN BALIK (U-TURN) &#xD; PADA JALAN SRIWIJAYA DI KOTA MATARAM</title><creator>Muhamad, Dilan Hidayatullah</creator><subject>TA Engineering (General). Civil engineering (General)</subject><description>Peningkatan pembangunan yang terjadi di Kota Mataram setiap tahun, &#xD; mengakibatkan meningkatnya volume kendaraan yang sering menyebabkan potensi &#xD; konflik lalu lintas. Kondisi tersebut mengakibatkan adanya gangguan bagi &#xD; pengendara arus kendaraan pada fasilitas u-turn sehingga mempengaruhi kinerja &#xD; pada jalan tersebut. Salah satu jalan di Kota Mataram yang menjadi pilihan dalam &#xD; rute perjalanan bagi masyarakat adalah Jalan Sriwijaya. Perlu dilakukan tinjauan &#xD; terhadap kinerja ruas jalan dengan bukaan median khususnya pada ruas jalan dan &#xD; simpang tak bersinyal. &#xD; Metode yang digunakan dalam studi ini adalah perhitungan kinerja jalan &#xD; perkotaan menggunakan MKJI 1997. Data dari lokasi bukaan median pada ruas &#xD; jalan dan simpang tak bersinyal yang terkumpul melalui survey lapangan kemudian &#xD; dihitung arus lalu lintas rata-rata, kecepatan rata-rata, waktu putar rata-rata, &#xD; kapasitas, derajat kejenuhan, dan tingkat pelayanan jalan. &#xD; Hasil analisa menunjukan arus lalu lintas rata-rata yang terjadi di ruas jalan &#xD; Sriwijaya adalah sebesar 864,73 smp/jam dengan kapasitas sebesar 2737,15 &#xD; smp/jam dan nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,316 sehingga tergolong dalam &#xD; tingkat pelayanan &#x201C;B&#x201D;, sedangkan arus lalu lintas rata-rata pada simpang tak &#xD; bersinyal adalah sebesar 2441,77 smp/jam dengan kapasitas 4199,91 smp/jam dan &#xD; nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,581 sehingga tergolong dalam tingkat &#xD; pelayanan &#x201C;C&#x201D;. Waktu putar rata-rata pada ruas jalan sebesar 8,04 detik dan pada &#xD; simpang tak bersinyal sebesar 6,94 detik.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/15740/1/SKRIPSI.pdf</identifier><identifier> Muhamad, Dilan Hidayatullah (2020) EVALUASI KINERJA RUAS JALAN DAN SIMPANG TAK BERSINYAL DENGAN FASILITAS PUTARAN BALIK (U-TURN) PADA JALAN SRIWIJAYA DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>15740</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Muhamad, Dilan Hidayatullah
title EVALUASI KINERJA RUAS JALAN DAN SIMPANG TAK BERSINYAL DENGAN FASILITAS PUTARAN BALIK (U-TURN) PADA JALAN SRIWIJAYA DI KOTA MATARAM
publishDate 2020
topic TA Engineering (General). Civil engineering (General)
url http://eprints.unram.ac.id/15740/1/SKRIPSI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/15740/
contents Peningkatan pembangunan yang terjadi di Kota Mataram setiap tahun, mengakibatkan meningkatnya volume kendaraan yang sering menyebabkan potensi konflik lalu lintas. Kondisi tersebut mengakibatkan adanya gangguan bagi pengendara arus kendaraan pada fasilitas u-turn sehingga mempengaruhi kinerja pada jalan tersebut. Salah satu jalan di Kota Mataram yang menjadi pilihan dalam rute perjalanan bagi masyarakat adalah Jalan Sriwijaya. Perlu dilakukan tinjauan terhadap kinerja ruas jalan dengan bukaan median khususnya pada ruas jalan dan simpang tak bersinyal. Metode yang digunakan dalam studi ini adalah perhitungan kinerja jalan perkotaan menggunakan MKJI 1997. Data dari lokasi bukaan median pada ruas jalan dan simpang tak bersinyal yang terkumpul melalui survey lapangan kemudian dihitung arus lalu lintas rata-rata, kecepatan rata-rata, waktu putar rata-rata, kapasitas, derajat kejenuhan, dan tingkat pelayanan jalan. Hasil analisa menunjukan arus lalu lintas rata-rata yang terjadi di ruas jalan Sriwijaya adalah sebesar 864,73 smp/jam dengan kapasitas sebesar 2737,15 smp/jam dan nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,316 sehingga tergolong dalam tingkat pelayanan “B”, sedangkan arus lalu lintas rata-rata pada simpang tak bersinyal adalah sebesar 2441,77 smp/jam dengan kapasitas 4199,91 smp/jam dan nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,581 sehingga tergolong dalam tingkat pelayanan “C”. Waktu putar rata-rata pada ruas jalan sebesar 8,04 detik dan pada simpang tak bersinyal sebesar 6,94 detik.
id IOS5428.15740
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2020-07-07T04:42:06Z
last_indexed 2020-07-07T04:42:06Z
recordtype dc
_version_ 1686351276322848768
score 17.538404