EVALUASI KINERJA RUAS JALAN DAN SIMPANG TAK BERSINYAL DENGAN FASILITAS PUTARAN BALIK (U-TURN) PADA JALAN SRIWIJAYA DI KOTA MATARAM
Main Author: | Muhamad, Dilan Hidayatullah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/15740/1/SKRIPSI.pdf http://eprints.unram.ac.id/15740/ |
ctrlnum |
15740 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/15740/</relation><title>EVALUASI KINERJA RUAS JALAN DAN SIMPANG TAK BERSINYAL
DENGAN FASILITAS PUTARAN BALIK (U-TURN) 
PADA JALAN SRIWIJAYA DI KOTA MATARAM</title><creator>Muhamad, Dilan Hidayatullah</creator><subject>TA Engineering (General). Civil engineering (General)</subject><description>Peningkatan pembangunan yang terjadi di Kota Mataram setiap tahun, 
mengakibatkan meningkatnya volume kendaraan yang sering menyebabkan potensi 
konflik lalu lintas. Kondisi tersebut mengakibatkan adanya gangguan bagi 
pengendara arus kendaraan pada fasilitas u-turn sehingga mempengaruhi kinerja 
pada jalan tersebut. Salah satu jalan di Kota Mataram yang menjadi pilihan dalam 
rute perjalanan bagi masyarakat adalah Jalan Sriwijaya. Perlu dilakukan tinjauan 
terhadap kinerja ruas jalan dengan bukaan median khususnya pada ruas jalan dan 
simpang tak bersinyal. 
Metode yang digunakan dalam studi ini adalah perhitungan kinerja jalan 
perkotaan menggunakan MKJI 1997. Data dari lokasi bukaan median pada ruas 
jalan dan simpang tak bersinyal yang terkumpul melalui survey lapangan kemudian 
dihitung arus lalu lintas rata-rata, kecepatan rata-rata, waktu putar rata-rata, 
kapasitas, derajat kejenuhan, dan tingkat pelayanan jalan. 
Hasil analisa menunjukan arus lalu lintas rata-rata yang terjadi di ruas jalan 
Sriwijaya adalah sebesar 864,73 smp/jam dengan kapasitas sebesar 2737,15 
smp/jam dan nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,316 sehingga tergolong dalam 
tingkat pelayanan “B”, sedangkan arus lalu lintas rata-rata pada simpang tak 
bersinyal adalah sebesar 2441,77 smp/jam dengan kapasitas 4199,91 smp/jam dan 
nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,581 sehingga tergolong dalam tingkat 
pelayanan “C”. Waktu putar rata-rata pada ruas jalan sebesar 8,04 detik dan pada 
simpang tak bersinyal sebesar 6,94 detik.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/15740/1/SKRIPSI.pdf</identifier><identifier> Muhamad, Dilan Hidayatullah (2020) EVALUASI KINERJA RUAS JALAN DAN SIMPANG TAK BERSINYAL DENGAN FASILITAS PUTARAN BALIK (U-TURN) PADA JALAN SRIWIJAYA DI KOTA MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>15740</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Muhamad, Dilan Hidayatullah |
title |
EVALUASI KINERJA RUAS JALAN DAN SIMPANG TAK BERSINYAL
DENGAN FASILITAS PUTARAN BALIK (U-TURN)
PADA JALAN SRIWIJAYA DI KOTA MATARAM |
publishDate |
2020 |
topic |
TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
url |
http://eprints.unram.ac.id/15740/1/SKRIPSI.pdf http://eprints.unram.ac.id/15740/ |
contents |
Peningkatan pembangunan yang terjadi di Kota Mataram setiap tahun,
mengakibatkan meningkatnya volume kendaraan yang sering menyebabkan potensi
konflik lalu lintas. Kondisi tersebut mengakibatkan adanya gangguan bagi
pengendara arus kendaraan pada fasilitas u-turn sehingga mempengaruhi kinerja
pada jalan tersebut. Salah satu jalan di Kota Mataram yang menjadi pilihan dalam
rute perjalanan bagi masyarakat adalah Jalan Sriwijaya. Perlu dilakukan tinjauan
terhadap kinerja ruas jalan dengan bukaan median khususnya pada ruas jalan dan
simpang tak bersinyal.
Metode yang digunakan dalam studi ini adalah perhitungan kinerja jalan
perkotaan menggunakan MKJI 1997. Data dari lokasi bukaan median pada ruas
jalan dan simpang tak bersinyal yang terkumpul melalui survey lapangan kemudian
dihitung arus lalu lintas rata-rata, kecepatan rata-rata, waktu putar rata-rata,
kapasitas, derajat kejenuhan, dan tingkat pelayanan jalan.
Hasil analisa menunjukan arus lalu lintas rata-rata yang terjadi di ruas jalan
Sriwijaya adalah sebesar 864,73 smp/jam dengan kapasitas sebesar 2737,15
smp/jam dan nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,316 sehingga tergolong dalam
tingkat pelayanan “B”, sedangkan arus lalu lintas rata-rata pada simpang tak
bersinyal adalah sebesar 2441,77 smp/jam dengan kapasitas 4199,91 smp/jam dan
nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,581 sehingga tergolong dalam tingkat
pelayanan “C”. Waktu putar rata-rata pada ruas jalan sebesar 8,04 detik dan pada
simpang tak bersinyal sebesar 6,94 detik. |
id |
IOS5428.15740 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2020-07-07T04:42:06Z |
last_indexed |
2020-07-07T04:42:06Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351276322848768 |
score |
17.538404 |