PENGARUH PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E (ENGAGE, EXPLORE, EXPLAIN, ELABORATE, EVALUATE) BERBASIS LITERASI SAINS TERHADAP HASIL BELAJAR LARUTAN PENYANGGA PADA SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 LABUHAN HAJI
Main Author: | JANNAH, RODIATUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/1573/1/SKRIPSI.pdf http://eprints.unram.ac.id/1573/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran learning cycle 5E (Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate) berbasis literasi sains terhadap hasil belajar larutan penyangga pada siswa kelas XI IPA SMAN 1 Labuhan Haji. Desain yang digunakan adalah quasi experimental dengan rancangan posttest only control group design. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 1 Labuhan Haji yang terdiri dari lima kelas, dengan jumlah total siswa 130 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Sampel terpilih yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran learning cycle 5E berbasis literasi sains dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan Mann-Whitney U-Test diperoleh Zhitung sebesar 0,16 dan Ztabel sebesar 1,99 (Zhitung < Ztabel ) pada taraf signifikan 5% sehingga Ho diterima yang artinya tidak terdapat perbedaan pengaruh antara pembelajaran learning cycle 5E (Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate) berbasis literasi sains dan model konvensional pada materi larutan penyangga terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA SMAN 1 Labuhan Haji.