PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI 4 GERUNG
Main Author: | KHAIRUNA, KHAIRUNA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/15704/1/SKRIPSI%20KHAIRUNA%20%28E1B115030%29.pdf http://eprints.unram.ac.id/15704/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemanfaatan media pembelajaran visual terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PPKn di SMPN 4 Gerung. Sampel dalam penelitian ini ada sebanyak 28 orang pada kelas eksperiment dan 28 orang pada kelas kontrol. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda sebanyak 30 butir yang telah memenuhi validitas dan realibitas instrument. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan uji-t diperoleh t_hitung = 5,536 >t_table = 2,007, pada taraf signifikan 5%, artinya hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pemanfaatan media pembelajaran visual terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran PPKn di SMPN 4 Gerung.