ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII B SMPN 17 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019 DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL BERDASARKAN TEORI POLYA
Main Author: | HURUN’IN, HURUN’IN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/15511/1/skripsi%20edit%20fix.pdf http://eprints.unram.ac.id/15511/ |
ctrlnum |
15511 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/15511/</relation><title>ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII B SMPN 17 MATARAM 
TAHUN PELAJARAN 2018/2019 DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA 
MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL 
BERDASARKAN TEORI POLYA</title><creator>HURUN’IN, HURUN’IN</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan 
soal cerita, mendeskripsikan tingkat persentase kesalahan ditinjau dari tingkat 
kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dan mengetahui faktor penyebab 
kesalahan ditinjau dari tingkat kemampuan siswa kelas VIII B SMPN 17 Mataram 
tahun pelajaran 2018/2019 dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan 
linier dua variabel berdasarkan teori Polya. Pengumpulan data dilakukan dengan 
menggunakan tes dan wawancara kemudian dianalisis dan dideskripsikan berdasarkan 
pedoman analisis kesalahan menurut Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 
kesalahan yang dilakukan siswa terjadi pada semua tahapan yang dikemukakan oleh 
Polya. Siswa berkemampuan tinggi melakukan kesalahan terbanyak pada tahap 
memeriksa kembali yaitu dengan kategori tinggi, siswa berkemampuan 
sedang melakukan kesalahan terbanyak pada tahap melaksanakan rencana yaitu 
dengan kategori sangat tinggi, siswa berkemampuan rendah melakukan 
kesalahan terbanyak pada tahap memeriksa kembali yaitu dengan kategori sangat 
tinggi,. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan pada setiap tahapan Polya adalah 
siswa tergesa-gesa, kurang teliti, kurang memahami langkah yang digunakan, lupa 
tentang materi prasyarat baik sifat, prosedur pengerjaan, dan tidak terbiasa dalam 
memeriksa kembali hasil pekerjaannya.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/15511/1/skripsi%20edit%20fix.pdf</identifier><identifier> HURUN’IN, HURUN’IN (2020) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII B SMPN 17 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019 DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL BERDASARKAN TEORI POLYA. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>15511</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
HURUN’IN, HURUN’IN |
title |
ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII B SMPN 17 MATARAM
TAHUN PELAJARAN 2018/2019 DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA
MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL
BERDASARKAN TEORI POLYA |
publishDate |
2020 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://eprints.unram.ac.id/15511/1/skripsi%20edit%20fix.pdf http://eprints.unram.ac.id/15511/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan
soal cerita, mendeskripsikan tingkat persentase kesalahan ditinjau dari tingkat
kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dan mengetahui faktor penyebab
kesalahan ditinjau dari tingkat kemampuan siswa kelas VIII B SMPN 17 Mataram
tahun pelajaran 2018/2019 dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan
linier dua variabel berdasarkan teori Polya. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan tes dan wawancara kemudian dianalisis dan dideskripsikan berdasarkan
pedoman analisis kesalahan menurut Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kesalahan yang dilakukan siswa terjadi pada semua tahapan yang dikemukakan oleh
Polya. Siswa berkemampuan tinggi melakukan kesalahan terbanyak pada tahap
memeriksa kembali yaitu dengan kategori tinggi, siswa berkemampuan
sedang melakukan kesalahan terbanyak pada tahap melaksanakan rencana yaitu
dengan kategori sangat tinggi, siswa berkemampuan rendah melakukan
kesalahan terbanyak pada tahap memeriksa kembali yaitu dengan kategori sangat
tinggi,. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan pada setiap tahapan Polya adalah
siswa tergesa-gesa, kurang teliti, kurang memahami langkah yang digunakan, lupa
tentang materi prasyarat baik sifat, prosedur pengerjaan, dan tidak terbiasa dalam
memeriksa kembali hasil pekerjaannya. |
id |
IOS5428.15511 |
institution |
Universitas Mataram |
institution_id |
133 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Mataram |
library_id |
541 |
collection |
Institutional Repository |
repository_id |
5428 |
subject_area |
Law/Ilmu Hukum Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan Agriculture/Industri Pertanian Economic Institutions/Institusi Ekonomi |
city |
KOTA MATARAM |
province |
NUSA TENGGARA BARAT |
repoId |
IOS5428 |
first_indexed |
2020-03-02T15:45:52Z |
last_indexed |
2020-05-06T15:53:18Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686351275146346496 |
score |
17.538404 |