ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII B SMPN 17 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019 DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL BERDASARKAN TEORI POLYA

Main Author: HURUN’IN, HURUN’IN
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/15511/1/skripsi%20edit%20fix.pdf
http://eprints.unram.ac.id/15511/
ctrlnum 15511
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/15511/</relation><title>ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII B SMPN 17 MATARAM &#xD; TAHUN PELAJARAN 2018/2019 DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA &#xD; MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL &#xD; BERDASARKAN TEORI POLYA</title><creator>HURUN&#x2019;IN, HURUN&#x2019;IN</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan &#xD; soal cerita, mendeskripsikan tingkat persentase kesalahan ditinjau dari tingkat &#xD; kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dan mengetahui faktor penyebab &#xD; kesalahan ditinjau dari tingkat kemampuan siswa kelas VIII B SMPN 17 Mataram &#xD; tahun pelajaran 2018/2019 dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan &#xD; linier dua variabel berdasarkan teori Polya. Pengumpulan data dilakukan dengan &#xD; menggunakan tes dan wawancara kemudian dianalisis dan dideskripsikan berdasarkan &#xD; pedoman analisis kesalahan menurut Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa &#xD; kesalahan yang dilakukan siswa terjadi pada semua tahapan yang dikemukakan oleh &#xD; Polya. Siswa berkemampuan tinggi melakukan kesalahan terbanyak pada tahap &#xD; memeriksa kembali yaitu dengan kategori tinggi, siswa berkemampuan &#xD; sedang melakukan kesalahan terbanyak pada tahap melaksanakan rencana yaitu &#xD; dengan kategori sangat tinggi, siswa berkemampuan rendah melakukan &#xD; kesalahan terbanyak pada tahap memeriksa kembali yaitu dengan kategori sangat &#xD; tinggi,. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan pada setiap tahapan Polya adalah &#xD; siswa tergesa-gesa, kurang teliti, kurang memahami langkah yang digunakan, lupa &#xD; tentang materi prasyarat baik sifat, prosedur pengerjaan, dan tidak terbiasa dalam &#xD; memeriksa kembali hasil pekerjaannya.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unram.ac.id/15511/1/skripsi%20edit%20fix.pdf</identifier><identifier> HURUN&#x2019;IN, HURUN&#x2019;IN (2020) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII B SMPN 17 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019 DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL BERDASARKAN TEORI POLYA. S1 thesis, Universitas Mataram. </identifier><recordID>15511</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author HURUN’IN, HURUN’IN
title ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VIII B SMPN 17 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2018/2019 DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL BERDASARKAN TEORI POLYA
publishDate 2020
topic L Education (General)
url http://eprints.unram.ac.id/15511/1/skripsi%20edit%20fix.pdf
http://eprints.unram.ac.id/15511/
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita, mendeskripsikan tingkat persentase kesalahan ditinjau dari tingkat kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dan mengetahui faktor penyebab kesalahan ditinjau dari tingkat kemampuan siswa kelas VIII B SMPN 17 Mataram tahun pelajaran 2018/2019 dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linier dua variabel berdasarkan teori Polya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara kemudian dianalisis dan dideskripsikan berdasarkan pedoman analisis kesalahan menurut Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa terjadi pada semua tahapan yang dikemukakan oleh Polya. Siswa berkemampuan tinggi melakukan kesalahan terbanyak pada tahap memeriksa kembali yaitu dengan kategori tinggi, siswa berkemampuan sedang melakukan kesalahan terbanyak pada tahap melaksanakan rencana yaitu dengan kategori sangat tinggi, siswa berkemampuan rendah melakukan kesalahan terbanyak pada tahap memeriksa kembali yaitu dengan kategori sangat tinggi,. Faktor penyebab siswa melakukan kesalahan pada setiap tahapan Polya adalah siswa tergesa-gesa, kurang teliti, kurang memahami langkah yang digunakan, lupa tentang materi prasyarat baik sifat, prosedur pengerjaan, dan tidak terbiasa dalam memeriksa kembali hasil pekerjaannya.
id IOS5428.15511
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2020-03-02T15:45:52Z
last_indexed 2020-05-06T15:53:18Z
recordtype dc
_version_ 1686351275146346496
score 17.538404