PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE(TTW) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULISKARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS V SDN 37 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Main Author: Nurul, Aini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/15467/1/jurnal%20skripsi%20baru.pdf
http://eprints.unram.ac.id/15467/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ThinkTalk Write (TTW) berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi sisiwa kelas V SDN 37 Cakranegara tahun pelajaran 2019/2020. Penelelitian ini merupakan penelitian Eksprimen Quasi Eksperimental Design Tipe Nonequivalent Contro Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling tipe sampling jenuh. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 37 Cakranegara, diperoleh siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas Kontrol. Pada kelompok eksperimen pembelajaran menggunakan model pembelajaran Talk Write (TTW). sedangkan pada kelompok kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji t-test dengan menggunakan polled varians. Hasil analisis data dengan dengan menggunakan t-test dengan taraf signifikan 5% (0,05) menunjukan bahwa: t hitung>t tabel (2,65 >2,0084) sehingga dapat disimpulakan bahwa hipotesis yang diterima adalah hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran model pembelajran Think Talk Write ( TTW) berbantuan media gambar terhadap keterampilan menulis karangna deskripsi siswa kelas V SDN 37 cakranegara tahun pelajaran 2019/2020. Kata kunci :