PENGARUH PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBASIS KETERAMPILAN ABAD 21 TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTS MUALLIMAT NW PANCOR TAHUN AJARAN 2019/2020
Main Author: | SITI, NURMINA |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/15434/1/ARTIKEL.pdf http://eprints.unram.ac.id/15434/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika realistik berbasis keterampilan abad 21 terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Muallimat NW Pancor Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Muallimat NW Pancor tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling, didapatkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-A dan siswa kelas VII-B, kelas VII-A sebagai kelas kontrol digunakan pembelajaran konvensional dan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen digunakan pembelajaran matematika realistik berbasis keterampilan abad 21. Hasil belajar matematika siswa diperoleh melalui tes akhir (posttest). Instrumen penelitian yang digunakan sebagai tes sebanyak 4 butir soal uraian. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran matematika realistik berbasis keterampilan abad 21 terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Muallimat NW Pancor Tahun Ajaran 2019/2020.