Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Berbantuan LKPD Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Sosiologi di SMAN 1 Lembar

Main Author: Fikriansah, Muhammad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/15420/1/SKRIPSI%20_compressed.pdf
http://eprints.unram.ac.id/15420/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT berbantu an LKPD terhadap aktivitas dan hasil belajar Sosiologi. Penelitian ini menggunakan rancangan Quasi Experiment dengan desain pretest posttes control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas X IPS di SMAN 1 Lembar, yang terdiri dari tiga kelas dan diambil sebagai sampel sebanyak dua kelas yaitu, satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi dengan 10 sub indikator dan instrumen tes pilihan ganda 25 soal yang memenuhi validitas reliabilitas. Berdasarkan hasil analisis dengan uji t menunjukan bahwa thitung aktivitas belajar sebesar (2,116) dan hasil belajar (2,481) > ttabel (2,021). Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran NHT berbantuan LKPD terhadap aktivitas dan hasil belajar Sosiologi.