STUDI PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DILIHAT DARI PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWAKELAS VIII SMPN 4 LINGSAR PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Main Author: | NURJANNAH, NURJANNAH |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/15364/1/NURJANNAH%20%28E1R115052%29%20Artikel%20q.pdf http://eprints.unram.ac.id/15364/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw (2) mengetahui hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) (3) mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan NHT pada materi persamaan garis lurus di kelas VIII SMPN 4 Lingsar tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini merupakan Quasi eksperimental dengan Posttest Only Control Group Design. Kelas sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dengan model Jigsaw dan VIII C sebagaikelaseksperimendengan model NHT. Pengambilan data dalam penelitian ini diambil dengan memberikan posttest pada subjek penelitian. Analisis data tes menggunakan uji-t pooled varians dua sampel independen. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh (1) nilai rata-rata hasil belajarsiswa yang menggunakan model Jigsaw adalah 80,22 (2) nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan mode NHT adalah 77,96 (3) tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan antara kelas yang di ajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan NHT. Hal ini dapat dilihat dari pengujian hipotesis menggunakan uji-t pooled varians pada taraf signifikan 5%, menunjukkan bahwa t_hitung yaitu 0,80 lebih kecil dari pada t_tabel yaitu 1,67.