PERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH (MEMBUAT PASANGAN) DENGAN TIPE THINK PAIR SHARE (BERPIKIR BERPASANGAN BERBAGI) DALAM PEMBELAJARAN SISTEM EKSKRESI PADA SISWA KELAS VIII SMPN 18 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020

Main Author: ULYA, RENA DWI HUMAIROH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/15340/1/SKRIPSI%20RENA%20DWI%20HUMAIROH%20ULYA%20%28E1A013041%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/15340/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match (Membuat Pasangan) dengan hasil belajar siswa yang menggunakan Tipe Think Pair Share (Berpikir Berpasangan Berbagi) dalam pembelajaran sistem ekskresi pada siswa kelas VIII SMPN 18 Mataram Tahun Ajaran 2019/2020. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Mataram tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 55 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar tingkat kognitif yang selanjutnya digunakan gain score (selisih post-test dengan pre-test) untuk menguji hipotesis. Data nilai rata-rata gain score tersebut kemudian dianalisis lebih lanjut menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 95% dengan bantuan SPSS 25.0 for Windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai p-value = 0,001 < α = 0,05. Tingkat signifikansinya kurang dari 0,01 maka dikatakan sangat signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match (Membuat Pasangan) berbeda sangat signifikan dengan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (Berpikir Berpasangan Berbagi) dalam pembelajaran Sistem Ekskresi di kelas VIII SMPN 18 Mataram Tahun Ajaran 2019/2020.