PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS PADA SISWA KELAS VIII DI SMPN 12 MATARAM

Main Author: FARADINA, AZIZAH
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/15337/1/AZIZAH%20FARADINA%20%28E1R114009%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/15337/
Daftar Isi:
  • Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika di SMP kelas VIII materi pokok Teorema Phytagoras sebagai multimedia interaktif. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan R and D yaitu suatu proses yang dipakai untuk mengembangkan dan memvalidasi produk penelitian.. Pengembangan ini dimulai dengan tahap pengumpulan informasi, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk serta tahap validasi dan uji coba. Multimedia interaktif yang telah dibuat dikonsultasikan dan dinilaikan kepada ahli materi, ahli media, dan pengguna. Multimedia Interaktif ini memuat materi pokok Teorema Pythagoras yang terdiri dari empat sub materi pokok, yaitu: memeriksa kebenaran teorema Pythagoras, menerapkan teorema Pythagoras untuk menyelesaikan masalah, menentukan jenis segitiga dan menemukan tripel Pythagoras. Penelitian ini telah berhasil mengembangkan multimedia interaktif matematika yang mempunyai kualitas Sangat Baik (SB) menurut ahli materi, ahli media dan pengguna dengan skor 4,71, 4,16 dan 4,06, sehingga dikategorikan layak guna sebagai media pembelajaran mandiri.