STUDI KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK PEMERINTAH KOTA MATARAM MELALUI IMPLEMENTASI APLIKASI LAPOR!

Main Author: RAHMI, HILDA AULIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/15332/1/SKRIPSI%20HILDA%20AULIA%20RAHMI%20%28L1B015011%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/15332/
Daftar Isi:
  • Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) merupakan layanan pengaduan berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang diberikan pemerintah, berfungsi sebagai sarana dalam menyampaikan aspirasi, laporan dan pengaduan kepada pemerintah melalui media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi komunikasi pelayanan publik Pemerintah Kota Mataram melalui penggunaan aplikasi LAPOR!. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif. Data diperoleh dari hasil studi dokumentasi dan wawancara (in-depth interview). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi aplikasi LAPOR! di Kota Mataram telah sejalan dengan teori E-Government, yakni meningkatkan kualitas pelayanan publik dalam hal kinerja efektivitas dan efisiensi yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat. Pelayanan publik Pemerintah Kota Mataram melalui penggunaan aplikasi LAPOR! dapat mempermudah masyarakat dalam memberikan aspirasi dan pengaduan kepada pemerintah. Selain itu pemerintah dan masyarakat dapat bertukar posisi menjadi komunikator dan komunikan selama masih ada feedback dan dapat mencapai kesepakatan bersama seperti kepuasan masyarakat terhadap tindaklanjut dari pemerintah.