PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI BENTUK ALJABAR SISWA KELAS VII SMPN 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020
Main Author: | RACHMAWATI, INTAN |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/15325/1/Skripsi%20Intan%20Rachmawati%20E1R115026%20Pendidikan%20Matematika%20FKI.pdf http://eprints.unram.ac.id/15325/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaraan Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi bentuk aljabar siswa kelas VII SMPN 1 Mataram tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan quasi experimental dengan the posttest only design with nonequivalent group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Mataram tahun ajaran 2019/2020. Dalam menentukan sampel digunakan teknik purposive sampling, dimana sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII-I sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII-H sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika (posttest) pada materi bentuk aljabar. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa antara kelas yang memperoleh pembelajaran TAPPS dan pembelajaran langsung. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi bentuk aljabar siswa kelas VII SMPN 1 Mataram tahun ajaran 2019/2020.