PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI GUGUS VI CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Main Author: HARDIANTI, RANI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/15242/1/SKRIPSI.pdf
http://eprints.unram.ac.id/15242/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas V SDN Gugus VI Cakranegara Tahun Ajaran 2019. Penelitian ini menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus VI Cakeranegara yg berjumlah 146 siswa dan sampel nya adalah siswa kelas V SDN 18 dan 3 Cakranegara yg berjumlah 50 orang siswa pada Tahun Ajaran 2019. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan porposive Sampling, yakni pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan- pertimbangan tertentu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini tes hasil belajar kognitif matematika siswa dan lembar observasi untuk keterlaksanaan model pembelajaran yang diterapkan. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Data hasil belajar kognitif matematika dianalisis menggunakan t-test polled varians diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 4,290 > 2,010 dan rata-rata nilai siswa pada kelas eksperimen sebesar 81,04 > 73,65 pada kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak da hipotesis penelitian (Ha) diterima sehingga dapat disimpulkan ‘‘Ada pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Gugus VI Cakranegara Tahun Ajaran 2019/2020”.