PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING MAPPING THINK PAIR SHARE (REMAP-TPS) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF IPA SISWA KELAS V SDN GUGUS 4 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2019/2020
Main Author: | APRILIANI, NI PUTU WANGI |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/15217/1/SKRIPSI%20FIX.pdf http://eprints.unram.ac.id/15217/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, pengaruh model pembelajaran Reading Mapping Think Pair Share (Remap-TPS) berbantuan media gambar visual terhadap kemampuan berpikir kreatif IPA Siswa Kelas V SDN Gugus 4 Cakranegara Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen tipe Nonequivalent Control Group Design, dengan populasi seluruh siswa kelas V SDN Gugus 4 Cakranegara yang berjumlah 165 orang. Sampel terdiri dari siswa kelas V SDN 20 Cakranegara dan SDN 34 Cakranegara dengan jumlah 64 orang, dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data digunakan observasi dan angket terbuka dengan skala Likert. Data dianalisis dengan bantuan program analisis statistik SPSS 16.0 for Windows dengan taraf signifikan 5%. Selanjutnya Uji Independent Samples T-Test, diperoleh nilai thitung sebesar 6,664 dengan derajat kebebasan df = n -2 atau 64 – 2 = 62 pada taraf signifikansi 0,05 : 2 = 0,025, dan ttabel sebesar 1,998, sehingga thitung > ttabel (6,664 > 1,998), maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha, diterima. Sedangkan besar pengaruh model pembelajaran Reading Mapping Think Pair Share (Remap-TPS) berbantuan media gambar visual terhadap kemampuan berpikir kreatif IPA sebesar 41,5%. Hasil yang dicapai mengindikasikan adanya pengaruh signifikan, yang menunjukkan bahwa semakin tinggi penerapan model pembelajaran Reading Mapping Think Pair Share (Remap- TPS), maka semakin tinggi pula kemampuan berpikir kreatif IPA siswa kelas V SDN Gugus 4 Cakranegara Tahun Ajaran 2019/2020.