PENGARUH TEKNIK CERITA BERANTAI TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 23 AMPENAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Main Author: SAFITRI, ASNI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/15210/1/SKRIPSI%20ASNI%20SAFITRI%20%28%20E1E215010%20%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/15210/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh teknik cerita berantai terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas IV SD Negeri 23 Ampenan. Penelitian ini termasuk penelitian jenis quasi eksperimental tipe nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas IV di SD Negeri 23 Ampenan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes keterampilan berbicara menggunakan rubrik penilaian, serta dokumentasi. Data dari keterampilan berbicara peserta didik berupa pretest dan posttest, kemudian diuji normalitasnya dengan uji kolmogorov-smirnov, kemudian diuji homogenitasnya menggunakan uji analisis varian (uji F). Hasil uji tersebut menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Data kemudian dianalisis menggunakan uji t sampel independen. Dimana nilai 3,304 (thitung)> 2,010 (ttabel), yang berarti bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh teknik cerita berantai terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas IV SD Negeri 23 Ampenan.