PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, RECITE, REFLECT, REVIEW) TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn SISWA KELAS X SMKN 7 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2019

Main Author: AL BADAWI, AHMAD AL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/15209/1/skripsi%20fix%20pdf.pdf
http://eprints.unram.ac.id/15209/
Daftar Isi:
  • Jenis penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian true eksperimen dengan pre test dan post test control group design. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Recite, Reflect, Review) terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas X SMKN 7 Mataram. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 orang pada kelas eksperimen dan 36 orang pada kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda sebanayak 25 soal yang telah memenuhi uji validitas item soal, reliabilitas , daya beda dan tingkat kesukaran. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan uji t diperoleh Nilai = 2,86 > = 1,667, pada taraf signifikansi 5%, artinya hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh penggunaan strategi pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Recite, Reflect, Review) terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas X SMKN 7 Mataram.