PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SQKS TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN SISWA KELAS VIII PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMPN 2 LINGSAR LOMBOK BARAT

Main Author: FITRIANI, EMA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/15135/1/Skripsi.pdf
http://eprints.unram.ac.id/15135/
Daftar Isi:
  • Jenis Penelitian ini adalah Pendekatan Kuantitatif, dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan desain Pretest-Postest. Tujuan penelitian ini adalah untuk menegtahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran SQKS terhadap hasil belajar PPKn. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 34 orang pada kelas eksperimen dan 34 kelas kontrol. Data hasil belajar PPKn diambil menggunakan soal tes yang sudah memenuhi persyaratan instrument penelitian. Keseluruhan data dianalisis secara kuantitatif melalui yang terlebih dahulu diuji prsyaratan analisis. Berdasarkan hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan uji-t diperoleh thitung = 2,02 > ttabel = 0,678, pada taraf signifikan 5%, artinya hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh model pembelajaran SQKS terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VIII pada mata pelajaran PPKn di SMPN 2 Lingsar Lombok Barat.