ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI POLA BILANGAN DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF-IMPULSIF PADA SISWA KELAS VIII MTsN 1 MATARAM TAHUN AJARAN 2019/2020

Main Author: INDAH, NURUL
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/15119/1/SKRIPSI%20NURUL%20INDAH%20%28E1R015054%29.pdf
http://eprints.unram.ac.id/15119/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal pola bilangan berdasarkan gaya kognitif reflektif dan impulsif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6MTsN 1 Mataram tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 40 orang siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes Matching Familiar Figure Test (MFFT) untuk menentukan gaya kognitif siswa dan soal pemecahan masalah pada materi pola bilangan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dari hasil penelitian, didapatkan bahwa banyaknya siswa reflektif adalah 14 siswayang terdistribusi menjadi 5 orang berkemampuan tinggi, 7 orang berkemampuan sedang, dan 2 orang berkemampuan rendah. Sedangkan banyaknya siswa impulsif adalah 8 siswa yang terdistribusi menjadi 5 orang berkemampuan sedang dan 3 orang berkemampuan rendah. Hal ini menunjukkan adanya perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang memiliki gaya kognitif reflektif dan impulsif. Siswa reflektif dalam menyelesaikan masalah telah dapat memenuhi semua indikator pada tahapan pemecahan masalah menurut Polya yaitu memahami masalah, memikirkan rencana, melaksanakan rencana, dan melihat kembali. Sedangkan siswa impulsif dalam menyelesaikan masalah telah dapat memenuhi indikator memikirkan rencana dan melaksanakan rencana. Siswa impulsif cenderung melewatkan tahapan memahami masalah dan melihat kembali.