PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII PADA PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE GUIDED NOTE TAKING (GNT) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DI SMP NEGERI 5
Main Author: | AYU, R A T I H R A F A N I N G A |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/1499/1/SKRIPSI_RATIH%20RAFANING%20AYU_E1A013040_P.BIOLOGI.pdf http://eprints.unram.ac.id/1499/ |
Daftar Isi:
- Penelitian dengan judul Perbedaan Hasil Belajar IPA Biologi Siswa Kelas VII pada Penerapan Model Kooperatif Tipe Guided Note Taking (GNT) dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) di SMP Negeri 5 Mataram bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII pada penerapan model kooperatif tipe Guided Note Taking (GNT) dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) di SMP Negeri 5 Mataram. Jenis penelitian ini adalah Eksperimen semu (Quasi Experiment) dengan desain penelitian Pretest Postest Non Control Group Design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Mataram. Sampel dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif sebanyak 30 butir soal pilihan ganda. Sedangkan untuk mengukur hasil belajar afektif dan psikomotorik digunakan lembar penilaian afektif dan psikomotorik. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pooled varians dengan taraf signifikan 5% diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 4,778 > 1,995, hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII pada penerapan model kooperatif tipe Guided Note Taking (GNT) dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) di SMP Negeri 5 Mataram dan hasil belajar afektif dan psikomotorik berada pada kategori baik.