PENGARUH METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE BERBASIS PERTANYAAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD GUGUS V KECAMATAN SELAPARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Main Author: | Septina, Andriana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/14974/1/skripsi%20ANDRIANA%20SEPTINA.pdf http://eprints.unram.ac.id/14974/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif dengan metode berbasis pertanyaan siswa kelas IV SDN di gugus V Kecamatan Selaparang tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan desain penelitian nonequivalent control group design. Sample penelitian yaitu, SDN 3 Mataram sebagai kelas eksperimen dan SDN 30 Mataram sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar matematika dan lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif dengan metode berbasis pertanyaan siswa. Pengujian hipotesis menggunakan uji t sampel independent. Nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen setelah diberi perlakuan adalah 58,25 dan pada kelas kontrol rata-rata hasil belajar adalah 57,23. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan metode berbasis pertanyaan siswa kelas IV SDN di Gugus V Kecamatan Selaparang Tahun Ajaran 2018/2019.