PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V GUGUS I GERUNG TAHUN AJARAN 2019/2020
Main Author: | Wati, Kusnia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unram.ac.id/14972/1/SKRIPSI.pdf http://eprints.unram.ac.id/14972/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Gugus I Gerung Tahun Ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan, ialah eksperimen tipe quasi eksperimen dengan pola “Nonequivalent Control Group Design”. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas V di Gugus I Gerung yang masih menggunakan KTSP yang berjumlah 101 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah Simple Random Sampling. Kelas V-A di SDN 4 Gerung Utara ditetapkan sebagai kelompok eksperimen dan Kelas V di SDN 2 Gerung Selatan ditetapkan sebagai kelompok kontrol. Data dalam penelitian ini di dapatkan melalui tes hasil belajar (pre-test dan post-tes) dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan, ialah tes hasil belajar IPA (pre-test dan post-test) serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas siswa. Data hasil belajar IPA siswa diuji menggunakan Independent Sample T-Test dengan hasil uji t 3,313 yang berarti bahwa (thitung) 3,313 > (ttabel) 1,689, sehingga (Ha) diterima sedangkan (H0) ditolak. Hal ini menunjukkan, bahwa ada pengaruh metode Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V Gugus I Gerung Tahun Ajaran 2019/2020.