PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO MELALUI EDUKASI DAN PENDAMPINGAN PEMASARAN DIGITAL PADA HOME INDUSTRY KOPI LOMBOK MAHIRA DI DESA SIGERONGAN LOMBOK BARAT

Main Authors: Lilik, Handajani, Akram, Akram, Ahmad, Rifai
Format: Article NonPeerReviewed
Terbitan: Kiat Abdi Insani
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/14949/
ctrlnum 14949
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unram.ac.id/14949/</relation><title>PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO MELALUI EDUKASI DAN PENDAMPINGAN PEMASARAN DIGITAL PADA HOME INDUSTRY KOPI LOMBOK MAHIRA DI DESA SIGERONGAN LOMBOK BARAT</title><creator>Lilik, Handajani</creator><creator>Akram, Akram</creator><creator>Ahmad, Rifai</creator><subject>H Social Sciences (General)</subject><subject>HF Commerce</subject><description>Permasalahan mendasar dalam pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) adalah berkaitan dengan pemodalan, manajemen usaha, pengelolaan keuangan dan pemasaran produk yang dihasilkan. Diantara UMKM yang memiliki pangsa pasar luas, sebagian besar UMKM terutama pada skala usaha mikro pada industri rumahan (home industry) masih mengalami tantangan dalam memperoleh pendapatan dan meningkatkan penjualan karena cara pemasaran masih menggunakan metode konvensional yang mensyaratkan pertemuan penjual dan pembeli secara langsung. Metode pemasaran konvensional ini menyebabkan permasalahan dalam biaya operasional penjualan yang cukup tinggi, modal yang lambat berputar karena sistem penjualan menggunakan sistem konsinyasi sehingga uang kas baru diterima jika produk sudah terjual serta terhambatnya proses produksi karena menunggu ketersediaan dana untuk membeli bahan-bahan produksi. Usaha mikro Kopi Lombok Mahira merupakan usaha rumahan (home industry) yang berada di Desa Sigerongan Lombok Barat. Sebagai usaha yang mengusung produk unggulan daerah dengan merk Kopi Lombok Mahira masih mengandalkan cara-cara pemasaran tradisional untuk menjual produknya seperti melalui pameran, konsinyasi dan pembelian secara langsung. Dengan manajemen usaha yang dilakukan ini hasil penjualan relatif stagnan dan perputaran modal menjadi lambat sehingga menyebabkan potensi memperoleh pendapatan dan meraih pangsa pasar menjadi turun karena terhambatnya proses produksi karena menunggu berputarnya biaya produksi yang masih melekat pada produk yang belum terjual. Kegiatan pengabdian masyarakat kemitraan ini menawarkan pendekatan edukasi dan pendampingan pemasaran secara digital sebagai terobosan strategi pemasaran untuk menjual produk Kopi Lombok Mahira dengan memanfaatkan penggunaan teknologi. Hal ini karena pemasaran tradisional sudah tak lagi efektif bagi pasar yang sebagian besar masyarakat sudah beralih ke teknologi komunikasi terkini. Melalui pola bantuan pembuatan dan perancangan teknologi model pemasaran berbasis digital diharapkan dapat diadopsi oleh pelaku home industry sehingga mampu menggunakan secara mandiri dalam memasarkan produknya. Melalui perluasan metode pemasaran digital ini diharapkan akan terjadi peningkatan pendapatan yang diperoleh oleh para pelaku usaha mikro sehingga sektor UMKM dapat semakin berkembang. Adopsi model pemasaran digital akan didampingi dalam implementasinya menyesuaikan dengan keterpahaman dan kemampuan pengguna dalam pemanfaatannya sehingga hasil akhir diharapkan agar pelaku usaha mikro Kopi Lombok Mahira dan home industry lainnya dapat mengaplikasikan secara mandiri untuk mendukung pemasaran produk yang dihasilkan.</description><publisher>Kiat Abdi Insani</publisher><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Lilik, Handajani and Akram, Akram and Ahmad, Rifai PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO MELALUI EDUKASI DAN PENDAMPINGAN PEMASARAN DIGITAL PADA HOME INDUSTRY KOPI LOMBOK MAHIRA DI DESA SIGERONGAN LOMBOK BARAT. Jurnal Abdi Insani Unram. ISSN 2356-2935 (Submitted) </identifier><recordID>14949</recordID></dc>
format Journal:Article
Journal
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Lilik, Handajani
Akram, Akram
Ahmad, Rifai
title PENINGKATAN PENDAPATAN USAHA MIKRO MELALUI EDUKASI DAN PENDAMPINGAN PEMASARAN DIGITAL PADA HOME INDUSTRY KOPI LOMBOK MAHIRA DI DESA SIGERONGAN LOMBOK BARAT
publisher Kiat Abdi Insani
topic H Social Sciences (General)
HF Commerce
url http://eprints.unram.ac.id/14949/
contents Permasalahan mendasar dalam pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) adalah berkaitan dengan pemodalan, manajemen usaha, pengelolaan keuangan dan pemasaran produk yang dihasilkan. Diantara UMKM yang memiliki pangsa pasar luas, sebagian besar UMKM terutama pada skala usaha mikro pada industri rumahan (home industry) masih mengalami tantangan dalam memperoleh pendapatan dan meningkatkan penjualan karena cara pemasaran masih menggunakan metode konvensional yang mensyaratkan pertemuan penjual dan pembeli secara langsung. Metode pemasaran konvensional ini menyebabkan permasalahan dalam biaya operasional penjualan yang cukup tinggi, modal yang lambat berputar karena sistem penjualan menggunakan sistem konsinyasi sehingga uang kas baru diterima jika produk sudah terjual serta terhambatnya proses produksi karena menunggu ketersediaan dana untuk membeli bahan-bahan produksi. Usaha mikro Kopi Lombok Mahira merupakan usaha rumahan (home industry) yang berada di Desa Sigerongan Lombok Barat. Sebagai usaha yang mengusung produk unggulan daerah dengan merk Kopi Lombok Mahira masih mengandalkan cara-cara pemasaran tradisional untuk menjual produknya seperti melalui pameran, konsinyasi dan pembelian secara langsung. Dengan manajemen usaha yang dilakukan ini hasil penjualan relatif stagnan dan perputaran modal menjadi lambat sehingga menyebabkan potensi memperoleh pendapatan dan meraih pangsa pasar menjadi turun karena terhambatnya proses produksi karena menunggu berputarnya biaya produksi yang masih melekat pada produk yang belum terjual. Kegiatan pengabdian masyarakat kemitraan ini menawarkan pendekatan edukasi dan pendampingan pemasaran secara digital sebagai terobosan strategi pemasaran untuk menjual produk Kopi Lombok Mahira dengan memanfaatkan penggunaan teknologi. Hal ini karena pemasaran tradisional sudah tak lagi efektif bagi pasar yang sebagian besar masyarakat sudah beralih ke teknologi komunikasi terkini. Melalui pola bantuan pembuatan dan perancangan teknologi model pemasaran berbasis digital diharapkan dapat diadopsi oleh pelaku home industry sehingga mampu menggunakan secara mandiri dalam memasarkan produknya. Melalui perluasan metode pemasaran digital ini diharapkan akan terjadi peningkatan pendapatan yang diperoleh oleh para pelaku usaha mikro sehingga sektor UMKM dapat semakin berkembang. Adopsi model pemasaran digital akan didampingi dalam implementasinya menyesuaikan dengan keterpahaman dan kemampuan pengguna dalam pemanfaatannya sehingga hasil akhir diharapkan agar pelaku usaha mikro Kopi Lombok Mahira dan home industry lainnya dapat mengaplikasikan secara mandiri untuk mendukung pemasaran produk yang dihasilkan.
id IOS5428.14949
institution Universitas Mataram
institution_id 133
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Mataram
library_id 541
collection Institutional Repository
repository_id 5428
subject_area Law/Ilmu Hukum
Scientist/Ahli Sains, Ilmuwan
Agriculture/Industri Pertanian
Economic Institutions/Institusi Ekonomi
city KOTA MATARAM
province NUSA TENGGARA BARAT
repoId IOS5428
first_indexed 2019-12-15T19:54:42Z
last_indexed 2019-12-15T19:54:42Z
recordtype dc
_version_ 1686351272946434048
score 17.538404