PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN 6 CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Author: Kusumawati, Aprilia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/14921/1/SKRIPSI%20FIX.pdf
http://eprints.unram.ac.id/14921/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran matematika realistik terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 6 Cakranegara Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis quasi experimental dengan tipe penilitan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas III SDN 6 Cakranegara dengan tehnik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh.Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket dan tes hasil belajar kognitif (post-test). Data hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model matematika realistik dianalisis menggunakan analisis deskriptif, yaitu rata-rata keterlaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan selama dua kali pertemuan mencapai 94,4% (Sangat Baik). Data hasil belajar dan angket yang sudah didapatkan kemudian dianalisis dengan menguji hipotesis, diperoleh t hitung motivasi sebesar 411,55 dan t hitung hasil belajar sebsar 5,71 dimana t tabel yaitu 1,676 dan dapat dinyatakan kedua t hitung > dari t tabel. Hal ini menunjukakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, berarti Hipotesis dalam penelitian ini ada pengaruh model pembelajaran matematika terhadap motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas III SDN 6 Cakranegara tahun ajaran 2018/2019 diterima .