PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV GUGUS III CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Main Author: NURLIANA, ANA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unram.ac.id/14917/1/SKRIPSI%20ANA%20NURLIANA%20%28E1E215007%291.pdf
http://eprints.unram.ac.id/14917/
Daftar Isi:
  • Guru dapat menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan diharapkan dapat membantu siswa dalam pengembangan pengetahuan secara efektif. Agar siswa mendapatkan hasil belajar IPA yang maksimal, maka memerlukan bantuan dan bimbingan dalam belajar, sehingga tidak banyak mengalami kesulitan dalam mengikuti pelajaran. Oleh karena itu guru diharapkan menempatkan posisi dan peranannya seoptimal mungkin melalui model PBL. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV Gugus III Cakranegara Tahun Ajaran 2019/2020. Metode penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen (quasi experimental design) dengan menggunakan Nonequivalent control group design. Jumlah populasi 36 Teknik sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling tipe sampling jenuh yang memperoleh dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas IV di SDN 21 Cakranegara sebagai kelas eksperimen dan SDN Model Mataram sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yakni tes dan observasi. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan uji t sampel independen. Pada hasil belajar diperoleh nilai signifikan 0,035 < 0.05, yang berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Gugus III Cakranegara Kecamatan Sandubaya Tahun Pelajaran 2019/2020. Berdasarkan penelitian tersebut diharapkan kepala sekolah dan guru membuat kebijikan-kebijakan yang dapat mengembangkan mutu pendidikan, membangkitkan minat serta keaktifan belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA.